Halaman

Rabu, 21 November 2012

Tips mencegah timbulnya jerawat

Tips mencegah jerawat - Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Hal ini juga termasuk dalam menyikapi problem kulit jenis ini.  Selain itu, flek hitam yang ditinggalkan biasanya tidak segera hilang dari wajah kita. Maka selain untuk mengatasi problem yang ada, perlu juga melakukan langkah-langkah pencegahan agar problem kulit yang mengganggu penampilan ini bisa dihindari.Tips mencegah timbulnya jerawat

Cara mencegah jerawat

Berikut akan disampaikan cara pencegahan yang bisa dilakukan :
  1. Rajin membersihkan wajah.  Membersihkan wajah dengan cleansing milk dapat menyingkirkan bakteri dan kotoran di permukaan kulit. Bersihkan dengan sabun setelah menggunakan susu pembersih.
    Apabila kulit anda sangat berminyak, maka sebaiknya menggunakan peeling scrub sebagai pengganti susu pembersih.
  2. Menghindari fast food. Terlalu banyak mengkonsumsi fast food sangat tidak baik untuk tubuh. Fast food akan memicu produksi minyak. Minyak yang keluar melalui folikel rambut bila tertutup oleh kotoran dapat menyumbat pori-pori.
  3. Menghindari makanan pedas.  Makanan dengan rasa yang pedas dapat menyebabkan tubuh menjadi memanas atau yang disebut juga dengan reaksi inflamasi.
  4. Alergi pada makanan tertentu. Tubuh yang alergi pada makanan dapat memicu peradangan, dan stress pada tubuh.
  5. Menghindari minyak sayur.  Seperti halnya fast food, minyak sayur dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.
  6. Singkirkan rambut dari wajah. Bila rambut yang berminyak dan kotor menyentuh wajah, maka dapat menjadikan sumbatan pada pori-pori.
  7. Cuci sarung bantal, handuk dan seprei secara teratur.  Saat wajah menempel di bantal yang tidak bebas bakteri, maka kotoran tersebut kembali menempel kewajah kita.
  8. Minum air secukupnya.  Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh.
  9. Kurangi penggunaan kosmetik.  Menggunakan kosmetik, misalnya bedak compact, dapat membuat sumbatan pada pori-pori wajah, sehingga pori-pori tidak bernafas dengan baik. Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air, dibanding kosmetik yang berbahan dasar minyak. Cegahlah timbuhnya jerawat dengan membersihkan semua produk comedogenic dari wajah anda.
  10. Jangan pencet jerawat yang ada.  Tidak ada yang menjamin tangan benar-benar steril sehingga boleh menyentuh wajah anda. Hal tersebut memicu bercampurnya minyak dan kotoran di wajah. Juga saat memencet jerawat dengan paksa, lapisan yang ada di bawah kulit dapat menjadi rusak sehingga menyebabkan minyak menyebar ke bagian sekitarnya, sehingga dapat menimbulkan jerawat baru.
  11. Steam wajah dengan setiap dua minggu dengan uap air – hal ini bagus untuk membuka pori dan membuang kotoran di muka yang tersisa.
  12. Kendalikan stress.  Hormon yang dihasilkan oleh tubuh ketika stress dapat menjadi pemicu jerawat. Istirahatlah yang cukup dan lakukan meditasi untuk meredakan stress anda.
  13. Makan buah untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh – makanlah buah-buahan terutama yang mengandung zat antioksidan, misalnya mangga, pepaya. Mangga dan papaya banyak mengandung beta-karoten, yang juga terdapat dalam semua jenis jeruk serta buah dan sayuran berwarna oranye. Semakin gelap warnanya, semakin kaya dengan kandungan beta-karotennya. Kandungan vitamin C di dalam pepaya dan mangga sangat tinggi sehingga merupakan antioksidan yang kuat. Mangga juga mengandung vitamin E  sebagai sumber antioksidan lainnya.
    Selain mangga dan pepaya, biasakanlah juga memakan wortel. Kandungan beta-karotennya mempunyai efek penyembuhan terhadap jerawat.
  14. Rajin BAB. Seperti yang kita ketahui bahwa kotoran /feses itu mengandung zat-zat buangan yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Racun yang menumpuk itulah yang menjadi salah satu pemicu jerawat. Untuk mencegah tidak lancarnya proses pembuangan, konsumsilah makanan berserat dan buah-buahan seperti pepaya.
  15. Olahragalah secara teratur – panas tubuh akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotorannya bersama keringat.
  16. Tips pencegahan yang terakhir adalah melakukan facial secara teratur –  facial juga bermanfaat untuk membersihkan wajah agar lebih bercahaya dan bersinar serta bebas komedo, serta lemak khususnya di daerah T (dahi + hidung). Aktifitas ini bisa anda lakukan di salon, ataupun facial wajah di rumah.
Demikianlah 16 tips mencegah jerawat, bukan hanya sebagai langkah preventif, namun dapat membantu menghilangkan jerawat, dan sekaligus sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Yang pada intinya adalah perbaikan dari pola hidup dan pola makan ke arah lebih sehat. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar